Selasa, 02 April 2024

Tugas Pendahuluan 2

 [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]


Percobaan 2 Kondisi 2

 Komunikasi SPI Menggunakan Arduino

1. Prosedur [Kembali]

  • Rangkai semua komponen 
  • Buat program di aplikasi arduino IDE
  • Setelah selesai masukkan program ke arduino 
  • Jalankan program pada simulasi dan cobakan sesuai kondisi



 
 
Prinsip Kerja :
Pada percobaan 2 kondisi 2, komponen utama dari rangakainnya adalah dipswitch sebagai input, dual seven segment sebagai output, dan arduino uno sebagai mikrokontroler yang digunakan untuk menyimpan dan menjalankan program.

Pada rangkaian, digunakan 2 arduino uno yang masing-masingnya berfungsi sebagai master dan slave. Arduino master dihubungkan ke input, sementara arduino slave dihubungkan ke output.

Pada kondisi 1, setiap 1 switch aktif muncul angka berbeda pada digit ke 1, setiap switch aktif muncul angka pada kedua digit. Kondisi ini diperoleh sesuai instruksi atau perintah program. Program tertera pada bagian 3 (Flowchart dan Listing Program).



Flowchart:


Arduino Master

Arduino Slave




Listing Program :
//Master
#include
<SPI.h>


int dip[] = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9};
int dipvalue[] = {};
int dipCount = 0; // Variable to count active dip switches

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  for (int i = 0; i < 8; i++) {
    pinMode(dip[i], INPUT_PULLUP);
  }
  SPI.begin();
  SPI.setClockDivider(SPI_CLOCK_DIV8);
  digitalWrite(SS, HIGH);
}

void loop() {
  byte Mastersend = 0;
  for (int i = 0; i < 8; i++) {
    dipvalue[i] = digitalRead(dip[i]);
    if (dipvalue[i] == LOW) {
      dipCount++; // Increment dip switch count if active
    }
  }

  if (dipCount == 1) {
    Mastersend = 1; // Set Mastersend to 1 if only one dip switch is active
  } else if (dipCount == 4) {
    Mastersend = 4; // Set Mastersend to 4 if four dip switches are active
  }

  dipCount = 0; // Reset dip switch count for next iteration

  digitalWrite(SS, LOW);
  SPI.transfer(Mastersend);
  delay(100);
}
 

//Slave

#include <SPI.h>

#define a 9
#define b 8
#define c 7
#define d 6
#define e 5
#define f 4
#define g 3
#define dp 2
#define D1 1
#define D2 0

const int segmentPins[] = {a, b, c, d, e, f, g}; // Koneksi digit 1 ke pin 1, digit 2 ke pin 0

volatile boolean received = false;
volatile byte Slavereceived;

void setup() {
  pinMode(D1, OUTPUT);
  pinMode(D2, OUTPUT);
  Serial.begin(9600);
  for (int i = 0; i < 7; i++) {
    pinMode(segmentPins[i], OUTPUT);
  }
  SPCR |= _BV(SPE);
  SPI.attachInterrupt();
}

ISR(SPI_STC_vect) {
  Slavereceived = SPDR;
  received = true;
}

void displayCharacter(int digit, int digitPosition) {
  byte patterns[10][7] = {
    {0, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 0
    {1, 0, 0, 1, 1, 1, 1}, // 1
    {0, 0, 1, 0, 0, 1, 0}, // 2
    {0, 0, 0, 0, 1, 1, 0}, // 3
    {1, 0, 0, 1, 1, 0, 0}, // 4
    {0, 1, 0, 0, 1, 0, 0}, // 5
    {0, 1, 0, 0, 0, 0, 0}, // 6
    {0, 0, 0, 1, 1, 1, 1}, // 7
    {0, 0, 0, 0, 0, 0, 0}, // 8
    {0, 0, 0, 0, 1, 0, 0}  // 9
  };

  // Write the pattern to the segment pins
  for (int i = 0; i < 7; i++) {
    digitalWrite(segmentPins[i], patterns[digit][i]);
  }

  // Aktifkan digit yang sesuai
  if (digitPosition == D1) {
    digitalWrite(D1, HIGH);
    digitalWrite(D2, LOW);
  } else if (digitPosition == D2) {
    digitalWrite(D1, LOW);
    digitalWrite(D2, HIGH);
  }

  delay(5); // Delay kecil untuk memastikan penampilan stabil
}

void loop() {
  if (received) {
    if (Slavereceived == 1) {
      displayCharacter(8, D1); // Menampilkan angka 1 hanya pada digit 1
      displayCharacter(0, D2); // Matikan digit 2
    } else if (Slavereceived == 4) {
      displayCharacter(4, D1); // Menampilkan angka 4 pada kedua digit
      displayCharacter(4, D2);
    }
    delay(100);
    received = false;
  }
}
 

4. Kondisi [Kembali]

Kondisi 2: Setiap 1 switch aktif muncul angka berbeda pada digit ke 1, setiap switch aktif muncul angka pada kedua digit

Rangkaian Simulasi  klik disini
Video Simulasi   klik disini
Listing Program klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Modul 4

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Tujuan Perancangan 2. Komponen 3. Dasar Teori 4. Listing Program 5. Flowchart...